SOK SIBUK

[sok sibuk][bleft]

YOUR GUARDIAN SEASON 2

[Your Guardian Season 2][bsummary]

SI MEONG SEASON 2

[Si Meong Season 2][grids]

#GAPTEK

[GAPTEK][twocolumns]

Surat Terbuka untuk Masyarakat Indonesia

Ijinkan saya, seorang anak berusia 16 tahun yang gak tau apa-apa memberikan surat terbuka untuk seluruh masyarakat Indonesia. Terserah kalian mau setuju atau gak, yang pasti surat ini ditujukan untuk kebaikan bersama, sebagai negara dengan penduduk terbanyak ke-4 di dunia.



Indonesia sudah berdiri sejak 73 tahun yang lalu dan terus mengalami perkembangan di segala sisi, baik dalam pemerintahannya maupun rakyatnya. Pemikiran yang terus berkembang dari jaman orde lama sampai era reformasi, membuat Indonesia semakin tak bisa dipandang sebelah mata oleh dunia. Oleh karena itu, Indonesia tak bakal luput dari pandangan dunia. Apapun yang dilakukan dan dialami Indonesia, pasti ada yang memberitakannya di luar sana.

Kita sebagai masyarakat Indonesia, wajib dan harus menjaga nama baik Indonesia di mata internasional. Jangan sampai Indonesia dinilai jelek oleh dunia internasional karena perilaku masyarakatnya sendiri. Kita harus ubah apapun yang jelek dari kita, bukan hanya bermuka dua di hadapan dunia internasional.

Pemilu Presiden 2019 sudah di depan mata. Kubu-kubu sudah saling menyerang. Yang satu membela si A, yang satu membela si B. Yang satu menjelek-jelekkan kubu B, yang satu menjelek-jelekkan kubu A. Berita-berita HOAX sudah menyebar dengan liarnya, melalui media apapun, baik aplikasi chatting, web berita abal-abal, sampai media-media lain yang seharusnya tidak diperuntukkan untuk hal itu.

Sekali lagi, ingat, Indonesia sedang disorot mata internasional! Kita bukanlah negara primitif yang luput dari mata internasional, namun kita adalah negara berkembang yang sedang dilihat dan dipantau oleh masyarakat internasional! Jangan sampai nama Indonesia jelek di dunia internasional karena masyarakatnya sendiri. Jangan sampai nama baik Indonesia yang sudah dibangun sekian lamanya rusak seketika oleh perilakumu!

Jadilah masyarakat Indonesia yang cerdas! Jadilah masyarakat Indonesia yang tidak termakan berita-berita HOAX, dan yang tidak menyebarkannya. Jadilah masyarakat Indonesia yang netral dari kubu-kubu politik yang ada, karena, jujur aja, gue kurang setuju kalau masyarakat biasa yang gak ada hubungannya dengan partai politik apapun ikut mempromosikan calon andalannya. Kenapa? Karena itu merupakan hal yang sangat riskan, di mana bisa membahayakan orang itu sendiri, juga dapat membahayakan nama Indonesia di dunia internasional. Kok bisa? Iya kalau orang itu bener perilakunya dalam mempromosikan calon andalannya, kalau gak? Jadi, gue lebih setuju kalau yang melakukan promosi terhadap calon itu orang-orang dari partai politik pendukungnya.

Intinya adalah berperilakulah sewajarnya masyarakat Indonesia yang dikenal dunia ramah, baik, sopan, dan cerdas, karena kita sedang dilihat oleh dunia internasional. Jangan sampai semua pandangan-pandangan elok tentang kita hilang begitu saja oleh karena perilaku kita sendiri. Jalani pesta demokrasi 2019 dengan baik dan taat aturan. Kita wajib mendukung siapapun yang akan memenangkan Pemilu 2019 nanti karena sesungguhnya rakyatlah yang menang. Selain itu, kita juga wajib mendukung siapapun yang menang agar Indonesia terus maju di tangan siapapun yang menjabat sebagai presiden. Bukankah itu harapan kita semua tanpa terkecuali?

Surabaya, 30 Juni 2018
Michael David

No comments: