SOK SIBUK

[sok sibuk][bleft]

YOUR GUARDIAN SEASON 2

[Your Guardian Season 2][bsummary]

SI MEONG SEASON 2

[Si Meong Season 2][grids]

#GAPTEK

[GAPTEK][twocolumns]

Tips Ngerjain Tugas Sekolah yang Sebukit dalam Waktu Singkat


Seorang pelajar pasti ga dipisahkan dengan yang namanya pacaran tugas sekolah. Tugas sekolah udah jadi makanan sehari-hari seorang pelajar, baik SD, SMP, sampe SMA. Dari yang 'gampil' sampe yang 'ah sudahlah'.

Banyaknya pelajaran yang harus ditelan seorang pelajar mengakibatkan banyak pula tugas yang harus dipikul para pelajar. Tugas sekolah udah banyak, ditambah tugas-tugas pribadi di luar sekolah, kayak gue ini, banyak tugas lain di luar sekolah yang harus gue selesaiin, salah satunya ada blog ini. Ya dong, gue kan tetep mau ketemu kalian di setiap malam minggu. Ya... meskipun beberapa kali belakangan ini gue 'kelolosan' alias ga update blog ini gara-gara tugas-tugas sekolah yang kurang manusiawi. Mohon maaf ya sodara-sodara. Gue janji bakal tetep konsisten nge-blog kok.

Back to the topic.

Dengan pengalaman bersekolah yang sampai saat ini terhitung 13 tahun setengah (PG-SMA kelas 1 ya sodara-sodara. Nanti dikira gue pernah gak naek kelas nanti :v), gue menemukan beberapa ramuan yang lumayan manjur kalau gue dapet tugas-tugas yang segaban dengan waktu yang tergolong singkat. Gue mau share-kan hal ini ke kalian, semoga ramuan-ramuan ini manjur buat kalian.

1. Disiplin waktu
Nah, kalo ini ga bisa ditawar-tawar. Kita harus disiplin waktu kalo memang tugas-tugas sekolah yang segaban itu selesai dengan cepat. Misalnya nih, gue udah planning istirahat 30 menit, ya udah 30 menit, jangan lebih atau kurang. Kelebihan bakal buat tugas-tugas kita gak selesai, sementara kalo kekurangan, tubuh kita bisa aja drop karena kurang istirahat.

2. Kerjakan tugas sesuai dengan urutan prioritas
Yup, kalo ini works banget buat gue. Urutan prioritas ini berarti kapan tugas itu dikumpulkan. Misal, gue punya tugas Biologi yang dikumpulin besok, tugas Kimia yang dikumpulin minggu depan, dan tugas Fisika yang dikumpulin bulan depan. Nah, yang dikerjain dulu ya Biologi, meskipun tugas Kimia lebih susah dibanding Biologi. Setelah itu baru Kimia, kemudian Fisika. Kalau mau nyicil pun it's okay. Tapi, pastiin dulu tugas yang dikumpulkan pertama selesai duluan.

3. Kerjakan di sekolah waktu hari H tugas diberikan
Inget, pas hari H tugas diberikan, bukan pas hari H tugas dikumpulkan ya. Kalo ini memang butuh pengorbanan. Jadi, kita harus cari waktu-waktu 'kecepit' buat ngerjain tugas. Misalnya waktu istirahat. Sekali-sekali gak istirahat dulu, tapi ngerjain tugas yang diberikan tadi. Itung-itung nganggur di rumah kalo selesai. Ye khan?

4. JIka itu kerja kelompok, segera rencanakan pengerjaan, jangan nunda-nunda
Kerja kelompok juga pasti ada. Dan gak kalah numpuk sama kerja individu. Satu-satunya cara supaya cepet selesai adalag segera merencanakan kapan mau dikerjain tugasnya bareng-bareng. Kalo bisa secepatnya dikerjakan, jadi bisa dengan cepat pula dikumpulkan. Jangan nunda-nunda.

5. Yang penting adalah lakukan dengan sepenuh hati
Yup. Kalian harus mengerjakan tugas-tugas sekolah, baik individu maupun kelompok dengan sepenuh hati--jangan setengah-setengah. Dengan mengerjakan dengan sepenuh hati, hasil yang kita dapatkan bakal memuaskan. Kalo gak, kita bakal ngerjainnya asal-asalan dan akhirnya hasilnya jelek pula. Untuk apa cepet selesai tapi hasilnya jelek? Inget, usaha gak bakal ngehianatin hasil. Ye khan? :v

Udah 5 aja cukup, nanti postingan ini kayak Wikih*w lagi. Gue yakin kok, kalo kalian ngelakuin semua poin di atas, tugas-tugas kalian pasti selesai dengan cepat dan hasilnya pun memuaskan.

Ow, atau mungkin kalian punya tips lain selain 5 tips dari gue? Bagi lah... Supaya kita saling melengkapi gitu loh :v. Tulis di kolom komentar yak!

Sampai ketemu minggu depan! HAPPY WEEKEND MBLOOOO :v

4 comments:

  1. Tambahin nih, zaman sekarang kan udah canggih. Nah bagusnya smartphone kita digunakan juga tuh untuk ngelola tugas-tugas. Saya pribadi sih sekarang sering pake Google Keep untuk ngatur tugas, kalo mau lebih intens bisa pake Microsoft To Do.

    Ya namanya tugas ga cuma semasa sekolah doang si. Nanti pas masuk dunia perkuliahan, dan dunia kerja juga pasti tugas akan tetap ada, dan akan selalu ada. That's life bro hehe

    ReplyDelete
  2. Kalau aku sih disiplin waktu. Karena memang penting. Karena dengan begitu kita juga bisa menyambi kesibukan lainnya. Semoga membantu untuk mereka yang banyak tugasnya dan ingin kelar dalam waktu singkat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lah, kalo gue malah ga bisa nyambi alias gue musti fokus. Kalo nyambi malah berantakan gue. Ya, tiap orang mah beda-beda euy :v.

      Delete