SOK SIBUK

[sok sibuk][bleft]

YOUR GUARDIAN SEASON 2

[Your Guardian Season 2][bsummary]

SI MEONG SEASON 2

[Si Meong Season 2][grids]

#GAPTEK

[GAPTEK][twocolumns]

Merasa Sepi


Entah kenapa, gue mau ngomongin tentang hal ini di blog ini.

Akhir-akhir ini, media YouTube booming ga karuan. Entah kenapa, sampe sekarang gue masih belum nemu yang nyebapin YouTube ini booming. Dari pekerja, kakek-nenek, sampe bocah SD yang belum tau rumus momentum, impuls, dan tumbukan. Semua kalangan masuk ke dunia ini, termasuk para blogger.

Banyak blogger yang ninggalin blognya gitu aja dimakan usia demi YouTube. Padahal, gue masih inget betul sekitar tahun 2014-2015 dunia blogging itu booming banget. Komunitas-komunitas blogger pada rame. Nah, sekarang? Banyak yang sepi, bahkan ada yang sampe tutup karena terlalu sepi.

Jujur aja, ini yang paling gue sayangkan.

Gue kangen sama temen-temen gue yang nanya ke gue, "Eh Je, cara buat blog gimana ya?" atau "Buatin blog dong Je!". Gue kangen masa-masa itu, di mana gue dapet banyak temen-temen blogger yang saling nginspirasi, saling menghibur, dan lain sebagainya. Gue kangen masa-masa di mana bocah-bocah yang belum ngerti rumus momentum, impuls & tumbukan itu belajar nulis dan merangkai kata di blog.

Gue gak mau nyalahin para blogger yang beralih profesi jadi YouTuber. Cuma, gue sayangkan kenapa kalian ninggalin blog kalian 100% demi jadi YouTuber.

Jujur, gue kangen sama beberapa blogger yang gue tunggu postingannya tiap hari. Ga usah gue sebutin, yang pasti banyak. Banyak. Malah yang sangat ironis, beberapa blogger yang nginspirasi gue buat ngeblog pun 'hilang' gitu aja, yang usut punya usut pindah profesi jadi YouTuber.

Gue gak nyalahin sih buat para blogger yang berpindah jadi YouTuber. Itu semua jadi hak mereka. Tapi, tolonglah, kalo bisa balik ke dunia blogging. Gak harus 100% jadi blogger kok, kalian bisa sambi jadi YouTuber dan profesi-profesi lain. Paling gak dunia per-blogging-an di Indonesia ini hidup lagi gitu loh. Gue gak mau dunia ini mati dan hilang.

Gue nulis postingan ini bukan mau cari audience buat blog ini. Ya memang sih, akhir-akhir ini beberapa blogger yang gue kenal baik gak komen-komen lagi di blog ini. Mereka seakan hilang gitu aja, yang salah satu yang gue tau pasti pindah ke YouTube.

Ayolah balik. Temenin gue dan yang lain nge-blog. Please... #RayuManja

6 comments:

  1. Iya nih akhir-akhir ini dunia per blog-an lagi sepi ya. Kancut Keblenger aja udah koma tuh... Kangen dulu masa-masa semangat blogwalking :(

    Nah sekalian blogwalking dah, ke fajarwalker.id yee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kangen masa-masa itu euy.

      Siap.. bw dulu ye.

      Delete
  2. Akuh tetep setia sama blog. Kalo bikin yutup takut fans gw tambah membludak

    Ahahaha

    ReplyDelete
  3. Bocah-bocah yang belum ngerti rumus momentum, impuls dan tumbukan itu belajar nulis dan merangkai kata di blog.

    Demi APA itu Gua!! Alhamdulillah sampe sekarang masi Ada di blog, tapi beneran kangen dunia blog pas masih rame siih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Demi apa yak? Demi-kian aja deh :v.

      Kangen, bener kangen masa-masa itu..

      Delete