SOK SIBUK

[sok sibuk][bleft]

YOUR GUARDIAN SEASON 2

[Your Guardian Season 2][bsummary]

SI MEONG SEASON 2

[Si Meong Season 2][grids]

#GAPTEK

[GAPTEK][twocolumns]

Review NET. 4.0 Presents Indonesian Choice Awards 2017


Hello Good People! Selamat datang kembali di puncak kejonesanmu, mblo! Oh ya, karena Raisa udah tunangan sama si Hamish, jadi mari kita bahas HUT NET. ke 4 hari Minggu lalu.

Maaf Mike, hubungannya apa ya? :v

NET. baru aja nyelenggarain ulang tahunnya yang keempat hari Minggu (21/05/2017) lalu. Acara ini bernama NET. 4.0 yang bertajuk Indonesian Choice Awards 2017. Sama seperti di tahun-tahun lalu, NET. kembali memberikan apresiasi kepada para seniman-seniman Indonesia baik yang senior maupun junior. Termasuk TV lain! Ini yang gue suka dari NET., dia adalah satu-satunya TV yang mengapresiasi program-program TV lain secara fear, alias program-program NET. sendiri tidak dimasukan ke nominasi. Beda sama TV lain, dia yang nominasiin, dia yang menang. Ya, kalian tau sendiri lah ya stasiun TV apa itu. Ngehehehe.

Acara hari itu kece badai. Tata panggung yang kece, lighting yang menggelegar, dan graphic yang sangat memanjakan mata. Ini beberapa cuplikannya.

Jonas Blue sebagai opening NET. 4.0.

Ini lighting dan grafik NET. 4.0 saat Jonas Blue tampil
sebagai opening.

Nah, ini panggung 'original'nya NET. 4.0.

Grafiknya sangat detail. Itu panggung LEDnya kayak tangga,
tapi grafiknya kayak LED datar (nyambung)! Liat aja di
tuts piano warna hitam.

Robin Thicke sedang memainkan piano.

Robin Thicke yang terlihat sangat menguasai panggung
NET. 4.0.

Nah, ini Robin Thicke-nya.

Salah satu bukti kalau lighting dan grafik di NET. 4.0
KECE.

Oke, gue review satu-satu ya. Jangan dua-dua, nanti sayang ayah lagi. Hahahaha. #JokesReceh.

Host
Yoi lah, host harus disebutin pertama. Kalo ga ada host, siapa yang ngarahin acara? Gue? YA GA MUNGKIN LAH :v.

Di NET. 4.0 Presents Indonesian Choice Awards 2017 kali ini mengambil host Sarah Sechan, Vincent Rompies, dan Desta. Mereka kembali memandu ulang tahun NET. di usia yang ke-empat ini atau NET. 4.0 setelah memandu ulang tahun NET. ke-3 atau NET. 3.0, kecuali Sarah Sechan yang sudah memandu acara ulang tahun NET. dari usia yang pertama.

Jujur, penampilan mereka jauh lebih baik dari tahun lalu. Syukur, kali ini ga ada insiden host hampir jatuh dari panggung kayak tahun lalu. Masih inget ga, waktu NET. 3.0 teh Sarseh hampir jatuh waktu opening acara?

Mereka itu perfect combination. Satu sama lain saling melengkapi. Leluconnya juga fresh. Yang paling lucu sebenernya Desta sih. Masih inget dengan lagu ini?

DI MALAM INI~

Nilai: 9.5/10

Tata Acara (Rundown)
Secara keseluruhan, tata acara di NET. 4.0 udah bagus. Cuma... waktu pembacaan nominasi Song of The Year, entah kenapa gue kurang suka. Semua lagu di Song of The Year 'dibacakan' lewat mashup lagu dari Monostereo ini terasa aneh. Bukan, bukan mashupnya yang aneh, mashupnya sih bagus, cuman 'caranya' itu yang aneh. Nominasi lain dibacakan dengan kata-kata "The nominees are..." dilanjutkan dengan VT nominee, tapi ini dibawakan dengan cara yang seperti itu. Sekali lagi, ini menurut gue. Oke, menurut gue.

Nilai: 9/10

Bintang Tamu
Para penampilan bintang tamu saat NET. 4.0 kece-kece semua. Meskipun bintang tamu di event ini terasa sedikit, tapi bintang tamu yang sedikit ini tetap bisa menggebrak panggung Indonesian Choice Awards 2017. Ada 2 international artists yaitu Jonas Blue dan Robin Thicke, 1 international magician yaitu Tony Chapek, dan beberapa artis Indonesia, antara lain Raisa tunangannya Hamish (penting banget yak harus dijelasin kalo tunangannya Hamish? :v), Isyana Sarasvati, Rizky Febian, Saykoji, dan lain-lain. Tapi yang mau gue soroti adalah penampilan Jonas Blue.

Penampilan Jonas Blue terbilang menjadi surprise di ulang tahun ke-4 NET. Dia seakan 'membawa' artis lain seperti Liza Owen dan kawan-kawan. Itu yang membuat NET. 4.0 kece badai. Ya... Jonas Blue kan cuma sebagai DJ-nya, bukan penyanyinya. Gue juga baru tau saat nonton NET. 4.0 sih. Hahahaha #MikeKudet.

Untuk Robin Thicke, penampilannya sungguh relaxing. Kece lah. Dari pembawaan piano sampai si Robin nyanyi oke. Secara keseluruhan, KECE.

Nilai: 9.2/10

Grafik
LED dan animasi video loopingnya kece! Kami para Good People sangat dimanjakan dengan grafik seperti itu. Grafiknya semua cocok dengan lagu yang dinyanyikan. Bumper NET. 4.0 Presents Indonesian Choice Awards 2017 juga keren, cuma menurut gue warnanya lebih bagus bukan coklat, tapi hitam ungu (lihat di gambar panggung original NET. 4.0 di atas). Pasti kelihatan lebih mewah dan elegan. Apalagi sama dengan iklannya NET. 4.0 selama ini.

Oh ya sama satu lagi, yang mau gue sorotin adalah waktu closing. Ada kesalahan penulisan di grafik. Yang ditulis #NETGOODPEOPLE, padahal harusnya #NET4GOODPEOPLE. Ga tau ya, itu memang sengaja ditulis gitu atau kesalahan dalam pengetikan.

Nilai: 9.5/10

Sound
Gue menilai sound di NET. 4.0 sempurna! Gue ga mendengar sama sekali ada feedback di acara itu. Cuma, mungkin waktu host Vincent mau ngomong, micnya ga cepet dinyalain, jadi waktu Vincent ngomong micnya masih mati. Itu ga tau ya, kesalahan dari Vincent-nya atau dari FOH. Tapi tak lama micnya nyala kok.

Nilai: 9.7/10

Lighting
Lightingnya kece! Tapi, ini sepenglihatan gue aja ya, kayak ada 1 lampu sorot yang mati ya? Ga tau lagi loh ya. Terus, ini yang mau gue sorotin. Waktu opening. Ini harus bahkan wajib jadi catatan untuk selanjutnya.

Waktu suara Pak Wishnutama yang "Sound standby", lebih baik lighing tidak banyak dimainkan, karena yang mau ditekankan adalah soundnya, bukan lightingnya. Nanti waktu Pak Tama bilang "Lighting standby", nah itu baru mainkan lightingnya. Kalo ga gitu lightingnya ga surprise ya kan?

Terus, di next event, lightingnya jangan delay ya. Waktu opening delaynya terasa banget. Ga cocok sama sound. Sound lagi menggelegar, lightingnya belum menggelegar. Meskipun itu telat sepersekian detik, tapi itu sangat terasa loh.

Nilai: 8.9/10

Pengambilan Gambar
Ya, jadi karena gue ga diundang di NET. 4.0 padahal gue orangnya sangat terkenal, akhirnya gue ngelihat acara itu dari layar TV. Otomatis, pengambilan gambar oleh kameramen juga menjadi penilaian gue di sini.

Secara keseluruhan, pengambilan gambar tidak membuat bosan orang yang ngelihatnya. Efek cut-to-cut dan dissolve digunakan sangat tepat sesuai dengan suasana yang ada. Namun... akan lebih baik lagi kalau semua perpindahan kamera dari satu ke yang lain pakai efek cut-to-cut saja, karena jaman sekarang efek dissolve sudah dianggap kuno (ga tau lagi kalo di pertelevisian yak :v). Efek cut-to-cut ini menantang sang camera director untuk menyesuaikan hasil takenya dengan suasana yang ada.

Terus... gambar liar juga sering ditemui nih, terutama saat sang cameramen nge-shoot artis yang ada di bagian penonton. Entah karena komunikasinya yang kurang lancar, atau tombol di mixer videonya yang bermasalah, atau karena masalah yang lain. Next, masalah ini bisa dicari solusinya dan gambar liar pun bisa terminimalisir.

Nilai: 9/10

Teknologi yang Digunakan
Nah, satu lagi penilaian yang mau gue kasih tau yaitu teknologi yang digunakan. Kalian lihat pas Isyana nyanyi sama Raisa di event itu? Sebenernya gue heran sih, pas Raisa menang nominasi, yang ditampilkan malah klip Raisa. Sementara, waktu Isyana nyanyi, ada Raisa sungguhan di sana. Ternyata, itu adalah HOLOGRAM! Teknologi hologram yang digunakan NET keren! Kayak ngelihat Raisa sungguhan. Mungkin untuk selanjutnya, teknologi ini bisa digunakan lagi dengan hasil yang lebih kece. Keren buat NET!

Nilai: 9.8/10

Keseluruhan
Secara keseluruhan acara NET. 4.0 Presents Indonesian Choice Awards 2017 ini nyaris sempurna. Gue harap ada peningkatan di NET. 5.0, terutama di bintang tamu internasionalnya ya. Bukan berarti Robin Thicke dan Jonas Blue ga bagus, mereka berdua bagus dan cocok di panggung NET. 4.0. Tapi, lebih baik ada peningkatan kan? Hehehehe.

Nilai rata-rata keseluruhan acara: 9.3/10

Yup, sekian postingan hari ini. Gue mau ngomongin, gue ga di-endorse sama NET. Gue membuat review ini sesuai dengan inisiatif gue, jadi penilaiannya juga semau gue, yak! Hehehe.

Sama satu lagi, mulai bulan depan, lebih tepatnya bulan Juni, Michael David Blog bakal kembali rutin update setiap Sabtu pukul 7 malam! Hore..! Akhirnya gue bisa nemenin kalian para jones akut yang tersiksa mendengar berita Raisa tunangan sama Hamish. Ya udah deh, sebelum kalian para jones tambah nangis, gue pamit dulu yak. Sampai jumpa minggu depan jam 7 malam yaaaaak! :D

6 comments:

  1. Gw gak suka nonton tipi, sukanya nonton kamuh...

    #eaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alah halah, om malah baper. Cepet cari pasangan om! :D

      Delete
  2. Gua kelupaan nonton waktu itu, jadi bener-bener blm tau full acaranya, tapi yang paling menarik dan sempet gua cari di youtube itu pas Raisa dan Isyana nyanyi, bener banget, hologram nya, bagus, se-engga nya lebih bagus dari acara ultah tv lain hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, NET. memang menjadi tamparan buat TV lain yang lebih tua untuk lebih kreatif lagi. Masak TV yang umurnya 25 tahun ke atas kalah sama yang baru umur 4 tahun? ANEH KAN? :v

      Delete
  3. Emang seru banget ya petjahhh gue berharap bisa dateng kesono tapi gak ngerti caranya gimana ehehehe. malang sekali daku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikutan kuis bisa.. tapi pasti susah banget dapetnya. Wkwkwkwk

      Delete