News Ticker

image slider by WOWSlider.com v9.0

Pengalaman Ikut Lomba Poster Design


Hah, akhirnya kita bisa ketemu lagi. Sebelumnya, mohon maaf sekali karena minggu lalu gue belum sempet nyiapin post, jadinya ga sempet ngupdate nih blog. Maapin ye :v.

Nah, kali ini gue mau share pengalaman ketika gue pertama kali ikutan lomba poster design.

Kurang lebih sekitar bulan Agustus-awal September 2016, gue dihubungin sama guru gue yang super ketjeh. Gue kira ngapain, ternyata gue disuruh ikutan lomba poster design. Dia bilang, ada juga beberapa anak yang dipanggil buat ikutan, cuma belum ngasih kepastian. Akhirnya gue pun juga untuk memilih untuk menunggu yang lain buat ngasih kepastian.

Setelah sekian lama, ga ada yang ngasih kepastian. Ya udah, akhirnya gue ngasih kepastian dan memberanikan diri buat ikut dalam lomba tersebut.

Habis gue ngasih kepastian, ada 1 anak juga yang ngasih kepastian. Dia adik kelas gue yang lumayan jago Photoshop.

Selang waktu sebelum hari H lomba, kami latihan beberapa hari bareng guru Photoshop di sekolah kami. Dan... sudah berapa jam pelajaran itu yang kami tinggalkan :v. Temen gue yang satu itu latihan sungguh-sungguh, lah gue? Kalian tahu sendiri lah ya :v.

Kalo ditanya latihan, ya latihan. Latihan sambil guyon. Gue mau pengakuan dosa ya di sini :v. Waktu gue latihan, gue pake gambar guru agama (ya, lu ga salah baca :v) gue dan istrinya, di-crop, terus gue taruh di atas gunung yang lagi meletus :v. Duh, gue punya dosa besar neh :v.

Oke lanjut.

Waktu di rumah, gue cari bahan apa aja yang mau dimasukin ke poster itu. Ya, paling gak siap bahan lah. Masalah desain, mengalir aja di sana~ :v

Waktu hari H, temen gue yang satu bilang ga siap. Lah, kalau dia aja yang udah latihan segitu niatnya aja ga siap, apalagi gue coba :v. Desain aja belum dibayangin.

Waktu masuk gedung, kami registrasi ulang, terus dipersilahkan untuk memasuki ruang tunggu, sambil disuguhi sama semacam entertainment. Ya karena lomba ini diadakan sama sebuah SMA, ya hiburannya ya tentang SMA mereka. Baik murid-muridnya sampai prestasi-prestasi yang udah diraih.

Setelah sekian lama kami menunggu, akhirnya kami dipersilahkan untuk masuk ruang lomba atau laboratorium komputer. Semua diperbolehkan untuk menancapkan flashdisk ke komputer masing-masing untuk memakai bahan yang ingin dimasukkan ke poster. Begitu gue nancepin flashdisk gue dan... ULALA! Flashdisk gue langsung diserang virus shortcut. Duh Gusti...

Saat itu, komputer gue nge-lag parah. Mau buka foto buat bahan aja susahnya setengah mati. Gue mulai muntap saat Photoshop di komputer gue tiba-tiba nutup sendiri. Gue langsung minta pindah sama penjaga dan akhirnya diperbolehkan.

Untung aja saat itu pikiran gue lagi cerah, jadinya inspirasi-inspirasi desain itu terus masuk. Gue lumayan minder saat gue coba curi-curi pandang ke yang lain karena desain mereka ga main-main brow, keren-keren!

Gue agak lupa waktunya berapa jam, pokoknya antara 1-2 jam. Yang pasti, waktu itu lumayan cukup buat gue untuk menyelesaikan poster gue.

Setelah selesai, kami semua dipersilahkan untuk meninggalkan tempat lomba dan segera menuju ke ruang tunggu untuk menunggu hasil. Kami juga disuguhi nasi kotak. Ya, lumayan lah ya.

Setelah sekian lama kami menunggu, kami dipersilahkan masuk ke sebuah kelas untuk mendengarkan pengumuman hasil lomba. Jujur aja, gue dan temen gue yang satu itu udah pesimis. Udah pasrah dan seakan sudah menelan rasa kekalahan itu *etciyah bahasanya :v.

Juara 3... dari sekolah lain,

Juara 2... dari sekolah lain,

Gue udah bilang sama temen gue, "Ini udah pasti kalah kita, udah lah." Temen gue jawab, "Iya, wes pasti kita kalah."

Saat mulai dibacakan...

Juara 1...

...

...

Kurang ajar nih, dilama-lamain :v.

...

Michael David Jullio!

Men, gue ga percaya kalo gue yang menang. Guru pendamping gue jingkrak-jingkrak saat denger nama gue disebut. Gue sangaaaaaaat bersyukur! Selain gue dapat menambah pengalaman, gue juga bisa harumin nama SMP gue saat itu dan juga ngasih hadiah ke orang tua berupa hadiah uang yang lumayan gede buat gue.

Nah, sekian sharing pengalaman gue kali ini. Posting ini gue buat bukan untuk memamerkan diri atau apapun, tapi jujur gue buat postingan ini untuk menyemangati yang lain yang mungkin sedang ikut lomba atau kompetisi apapun.

Kalian punya pengalaman yang serupa? Share dong di kolom komentar, gue juga mau tahu! :D

Komen dong h3h3h3h3

0 Komentar