News Ticker

image slider by WOWSlider.com v9.0

Nostalgia Dulu Yuk!


Ga ada salahnya kan nostalgia dulu. Ya, gue kan lahir di awal abad 21. Otomatis banyak banget perubahan yang terjadi selama belasan tahun ini.

Asal kalian tahu, gue kalo coba melihat keseluruhan hidup gue sampai sekarang, gue merasa seneng juga miris. Dua peristiwa yang gue inget sampai sekarang adalah Sinta & Jojo yang ngehits cuma dengan lipsync lagu Keong Racun dan peristiwa boomingnya Dangdut. Ya, ya, ya.

Mulai dari gue di dalam kandungan. Gue ga tau apa-apa. Oke, lanjut.

Saat gue kecil, suasana senang rasa anak-anak kecil itu masih berasa kental banget. Main bareng temen-temen, bercanda bareng temen-temen, dan lain sebagainya. Dulu mainan paling seru itu petak umpet. Ya, dulu (inget, dulu ya :D) gue adalah tergolong anak yang "agak" gemuk. Ah, langsung to the point aja, gendut banget! (gue ga tau kenapa gue jadi orang yang lumayan kurus sekarang, makan ya tetep sih. Nasi.) Jadi, kalo udah ketauan satu orang, kan otomatis gue dan temen-temen gue kudu lari ke tempat gue nutup mata untuk istilahnya "checkpoint" gitu, gue selalu yang terakhir nge-checkpoint dan harus "jadi" lagi. Hah, gregetan sih emang. Tapi, seru!

Waktu gue kecil, lagu-lagu anak itu lagi melejit-lejitnya. Balonku, Pelangi, Burung Kakak Tua, Topi Saya Bundar yang nadanya sama kayak lagu Burung Kakak Tua gue hafal sampe sekarang. Ya, itu yang menjadi lagu-lagu favorit gue waktu gue kecil.

Agak gede, musik dangdut mulai muncul ke permukaan. Ya, awal-awalnya banyak banget dangdut yang agak dalam tanda kutip "menyeleweng". Tapi, sekarang mulai ada di jalan yang benar lah ya.

Jaman gue kecil, industri musik Indonesia itu masih belum berkembang pesat kayak sekarang. Ga ada pemusik-pemusik baru yang muncul secara bersamaan atau minim lah dalam waktu yang berdekatan. Jadi, pada intinya gue mengakui bahwa industri musik Indonesia jaman sekarang keren!

Semakin gue jadi remaja... Jaman ini rasanya kok tambah aneh ya? Kalian bisa bayangin ga, ada orang selfie demi mencari view yang bagus tapi malah mati? Eits, gue ga ngarang. Memang ada, bener. Gue sampe mikir, "emang selfie itu lebih penting ya daripada nyawa lo? Apa lo mau ngucapin selamat tinggal dengan hasil selfie lo, alias bunuh diri gitu?" Memang sih, selfie itu sah-sah saja, tapi ya perhatikanlah keselamatan itu. Masa, ada harimau yang kelihatannya sangar dan kebetulan lagi laper, terus lo selfie sama dia karena emang keren, gue mungkin cuma bisa bilang, "Selamat tinggal, bro."

Lagu anak-anak pun mulai tenggelam di dasar. Kenapa ya? Gue juga bingung. Anak kecil ditanyain masalah lagu anak-anak, di ga tau. Giliran ditanyain lagu dewasa, pada tau semua. Masa, anak-anak nyanyinya lagu cinta-cinta'an? Pantes ta? Malah ada seorang ibu yang sedang menggendong anaknya yang masih bayi yang sambil nyanyi buat anaknya "sakitnya tuh di sini, di dalam hatiku, sakitnya tuh di sini..." Bener bro, bener! Gue lihat sendiri pake mata kepala gue sendiri. Ini orang tua mau ngajarin apaan nih buat nih anak?

Ada lagi yang kayak begini: anak masih kecil, sudah ditanyain, "Sudah punya pacar belom?" sama orang tua atau orang yang lebih tua lah ya. Pantes, hah? Anak kecil belum tau apa itu cinta yang sebenernya, ditanyain gitu lagi sama yang lebih tua.

Atau emang bener ungkapan yang mengatakan, saiki ancen jaman edan? (atau bahasa Indonesianya: Sekarang memang jaman gila)

Anak SD udah pacaran layaknya orang gede. Kasih surprise, kasih cium, kasih pelukan. Bentar, lo minta uang jajan masih di orang tua aja lo udah pacaran. Lo masih suka sama makanan-makanan ringan ber-MSG aja lo udah pacaran. Lo belum tau artinya cinta dan apa itu pacaran aja lo berani melakukan hal-hal itu. Gede mau jadi apa, nak?

Terus, belum lagi perkembangan musik barat. Budaya kita seakan terkikis dengan adanya budaya-budaya barat yang masuk ke bangsa kita ini. Masih untung aja, masih banyak anak-anak muda jaman sekarang yang masih melestarikan budaya-budaya bangsa kita tercinta. Jangan sampai aja, budaya kita sendiri kita lupakan karena perkembangan musik barat yang melejit di Indonesia hari ini.

Satu lagi, budaya sopan santun. Terlihat sepele, tapi penting. Ada orang yang lebih muda dari gue, tapi kalo manggil gue itu langsung dengan nama. Ya, bukannya gue minta dihormati atau apa, mbok ya ingeto itu orang yang lebih tua dari lo. Gue aja manggil orang yang lebih tua dari gue setahun aja gue udah bilang ko, ce, mas, atau mbak.

Gue ga tau apa yang bakal terjadi di jaman-jaman yang akan datang. Gue sih berharap, di jaman-jaman yang akan datang ga seperti di jaman sekarang. Ya, kalo bisa perbaikinya sekarang. Kalo bisa sekarang, kenapa nanti? Ya kan?

- - -
 
Event 28 Juni 2016 "NGERAYAIN ULTAH" (UPDATE 5 FINAL)
Terima kasih ya sudah baca post ini. Post ini bisa mendatangkan kalian keuntungan loh, yaitu dengan mengikuti event "Ngerayain Ultah michaeldavidj.blogspot.com" dengan hadiah kalian bisa ngiklan apa aja, sekali lagi APA AJA di blog ini selama SETENGAH TAHUN! Serius. Berikut cara-caranya.

1. Hitung huruf U, L, T, A, dan H di posting "Anak Baru: Final" , boleh menggunakan Microsoft Word, dengan cara copy paste dari kata saat itu (kalimat awal) sampai terbaik bagi anak-anaknya (kalimat terakhir) di Word kalian. Terus tekan tombol Ctrl + F dan akan muncul kotak dialog Find/Search. Ketik huruf pertama yaitu U dan tekan enter maka akan ada hasil resultnya. Lakukan hal yang sama pada huruf L, T, A, dan H.

2. Event ini bakal dimulai sejak post "Anak Baru: Final" dipublikasikan sampai tanggal 27 Juni pukul 23.59 WIB.

3. Isi hasil jawabanmu di form ini: bit.ly/ngerayainultah

Untuk memudahkan kalian untuk memberikan jawaban, kalian bisa langsung kontak ke gua, misalnya kalo kalian punya kontak BBM gua bisa langsung chat pribadi ke BBM gua,

4. Jika ada yang memenangkan, pemenang akan diumumkan tanggal 28 Juni 2016 pukul 10.00 pada posting "Second Anniversary: Ngerayain Ultah" dan akan dikontak langsung tanggal 29 Juni 2016 oleh Mike untuk step selanjutnya,

5. Jika pemenang tidak mengkonfirmasi 1x72 jam, maka kesempatan dianggap hangus.

6. Maksimal jumlah pemenang adalah 3 orang.

Jadi, itu cara buat menang. Enam poin di atas mungkin bisa berubah tanpa pemberitahuan yang luas. Makanya, stay tuned aja di blog ini. Gampang kan, ga usah follow-follow akunnya Mike. Hahaha.
Hope you can join this event!

Komen dong h3h3h3h3

2 Komentar

*Dengan ngasih komentar, artinya kamu setuju sama peraturan (TOS) blog ini loh ya :D.