News Ticker

image slider by WOWSlider.com v9.0

#AskNetijen: Ultrabook atau Laptop Gaming?


Beberapa bulan ini gue tertarik sama dunia per-laptop-an. Udah banyak pake banget video-video review laptop yang udah gue tonton di Yucup, mulai dari dalem negeri sampe luar negeri punya--mulai dari laptop dengan spek 'kentang' sampe laptop dengan spek 'dewa'.

Kalo gue amatin neh, dunia per-laptop-an ini punya beberapa segmen pengguna. Yang gue tangkep antara lain pelajar, profesional, si mobile atau 'wara-wiri' *UHUY~ :v*, content creator, dan gamer. Nah, di antara segmen-segmen itu, pasti ada laptop kasta bawahnya alias buat para sobat misqueen dan pasti ada pula laptop kelas atasnya alias buat para kaum sultan.

Di antara segmen-segmen laptop itu, gue tertarik sama 2 segmen yang saling bertolak belakang, yaitu laptop mobile atau Ultrabook dan laptop gaming.

Ultrabook nawarin bentuk yang ga norak jika dibandingin sama laptop gaming. Laptop Ultrabook juga pada tipis-tipis. Mereka pada punya tebel 1-2 cm. Karena tipis, laptop jenis Ultrabook ini pastinya juga enteng dan enak kalo mau dibawa ke mana-mana.

Seperti biasanya dan seperti afdolnya, laptop gaming punya bentuk yang sangar-sangar. RGB di mana-mana. Mulai dari logo yang ada di cover laptop, keyboard, sampe otak penggunanya ikut-ikutan jadi RGB :v. Beda dengan Ultrabook, kebanyakan laptop gaming pada tebel-tebel--bisa sampe 3 cm lebih. Ya, meskipun sekarang udah lumayan banyak laptop gaming tipis-tipis yang udah beredar, tapi menurut gue masih tetep kurusan Ultrabook. Kenapa gue bilang gini? Karena gue bandingin laptop gaming tertipis alias si Asus Zephyrus sama Ultrabook tertipis di dunia alias si Acer Swift 7 itu tebelnya beda jauh. Si Zephyrus punya tebel 16,9 sampe 17,9 mm dan berat 2,2 kg (asus.com) sementara si Swift 7 punya tebel 10,16 mm dengan berat 0,89 kg. (laptopmag.com).

Ini dia si Jali-jali Asus Zephyrus. Sumber gambar: dailysocial.id.

Nah, kalo ini Acer Swift 7. Sumber gambar: tekno.kompas.com.

Oke, sekarang kita lupakan comparation antara 2 laptop ini yak. Hehehehehe.

Sekarang gue mau bahas tentang harga dan spek yang kita dapetin. Gue mau ambil contoh si Acer Swift 7 lagi yak. Di kisaran harga 20 jutaan (acerid.com, 16 Januari 2018), kita bisa dapet Windows 10 Home, Intel Core i7-7Y75 yang punya kecepatan 1,3 GHz yang bisa di turbo boost sampe 3,6 GHz, storage SSD 256 GB, layarnya 13,3 inch dan udah full HD nan IPS, dan graphic HD Graphics 615 (acerid.com). Sementara itu, di sisi laptop gaming, gue coba bandingin sama HP OMEN 15 yang harganya nyaris sama dengan Swift 7 yaitu 20 jutaan (hpshopping.id, 12 Januari 2019). Di HP OMEN 15 ini, kita bisa dapet Windows 10 Home, Intel Core i7-8750H yang punya kecepatan 2,2 GHz yang bisa di turbo boost sampe 4,1 GHz, storagenya pake HDD 1 TB SATA dan 128 GB SSD, layarnya 15,6 inch dan udah full HD nan IPS, dan kita juga dapet graphic NVIDIA GeForce GTX 1050 Ti.

 
HP OMEN 15-dc0036tx. Sumber gambar: hpshopping.id.

Nah, di rentang harga yang nyaris sama spek yang kita dapetin udah kayak antara bumi dan pluto. Perbedaan spek yang paling mencolok dan sering dijadiin bahan olok-olokan user laptop gaming ke user Ultrabook adalah masalah graphic card atau VGA. Seperti contoh di atas, di harga 20 jutaan, HP OMEN 15 udah pake VGA GTX 1050 Ti, sementara itu Swift 7 masih HD Graphics 615.

Kebanyakan pecinta laptop gaming menganggap Ultrabook itu overpriced. Sementara itu, kebanyakan pecinta Ultrabook menganggap laptop gaming itu norak, berat, tebel, dan ga bisa dibawa ke mana-mana. Ini sering jadi bahan pertentangan antara pengguna laptop gaming dan pengguna Ultrabook.

Sebenernya, ada banyak alasan Ultrabook itu ngasih harga yang setinggi langit dengan spek yang biasa aja. Salah satunya adalah ketipisannya. Sangat susah untuk nge-desain laptop setipis mungkin. Gue yakin, bagian dalemnya pasti kompleks banget. Belum lagi pasti banyak fitur-fitur tambahan, misalnya kayak bodi yang kokoh meskipun tipis, tahan air, dan lain sebagainya.

Berbeda dengan kebanyakan laptop gaming yang lebih mentingin spek tinggi ketimbang hal tebal-tipis dan beratnya. Jadi, gak heran ada laptop gaming yang berharga selangit tapi bahan pembuat bodinya masih pake plastik (misalnya ASUS TUF Gaming FX540GE yang harganya 15 jutaan - 9 Mei 2016, kotakgame.com) dan ada yang tebelnya sampe 3 cm lebih dengan berat yang nyampe 4 kg (misalnya ASUS ROG GX700 yang harganya nyampe 60 jutaan - 27 Januari 2016, jalantikus.com). Tapi, kalo laptop gaming diajak 'kerja rodi', mereka pasti bakal sanggup--gak kayak Ultrabook yang pasti udah nyerah duluan karena spek-nya yang gak nyampe.

Jadi, bisa diambil kesimpulan, dengan harga yang hampir setingkat, Ultrabook mentingin tipis dan ringan sehingga gampang dibawa ke mana-mana, sedangkan laptop gaming mentingin spek yang tinggi sehingga gampang buat diajak kerja dan mikir keras. Kalian pilih yang mana? Mari kita gelut diskusi di kolom komen di bawah. Jangan malu-malu, yak! Hehe :D.

*DISCLAIMER: Gue lagi gak dibayar sama vendor-vendor laptop yang udah gue sebutin di postingan ini yak. Juga, kalo kalian nemuin kesalahan di postingan ini, silahkan juga komen, jadi gue bisa cepet nge-revisi. Okaaay? :D

Komen dong h3h3h3h3

34 Komentar

  1. Yay...bakal dapet laptop baru niii...;)
    Para gamer lebih mementingkan graphic performance dan voice yang bagus...tapi kalau saya yang selalu kemana2 dengan laptop, ultra thin jadi pilihan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ngawurrrr wkwkwkwkwkwk harusnya kaka yang kasih ke saya laptop baru.. :v

      Hapus
  2. Kalau saya disuruh milih, mending pilih Ulltrabox karena tipis dan ringan dibawa kemana-mana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Meskipun dengan harga yang lebih mahal it's okay ya.. hehe

      Hapus
  3. Karena saya bukan seorang gamer sejati (paling maen game PES/FIFA doang), jelas laptop yang bisa dibawa ke mana-mana jadi pilihan.. apa lagi yang erat dengan aktivitas blogger yang sering liputan ke sana ke mari, atau nyari suasana nulis di cafe2 atau tempat2 cozy gitu, laptop yang simple desainnya tapi elegan, terus tipis dan ringan jadi classy banget. Nabung dulu dehh saya buat beli laptop baru hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, kalo saya perlu performa tinggi sama bisa dibawa kemana-mana. Apa dayalah daku sobat misqueen yang belom bisa beli Zephyrus wkwkwkwkwkw.

      Hapus
  4. Laptop gaming udah jadi dambaan semua org terutama gamer, termasuk aku juga sih. cuma harus bener2 nabung dulu kl liat harganya, suatu saat pasti keturutan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin! Kalo udah dapet, jangan lupakan daku ya wkwkwkwkwk (minta dibeliin maksudnya :v)

      Hapus
  5. Wah mantul tenan mas :D meskipun sekarang udah pensiun jadi gamers tapi tetep nglire lihatnya. Wkwkwk.. kalau ngedit sih masih jalan... dengan spesifikasi tersebut okelah buat ngegame sama ngedit :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Spesifikasi yang mana dulu nih.. kalo speknya ultrabook ya susah payah kalo diajak kerja lembur bagai kuda, misalnya ngedit..

      Hapus
  6. Kalau saya pilih semuanya selama kantong masih cukup, hehehe..

    Tapi bila di suruh serius, mungkin pilih antara Asus dan HP..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga mau semua kalo kantong mengijinkan wkwkwkwkwk (apalagi kalo ada yg mau beliin wkwkwkwkwk)

      Kenapa gak Lenovo? Bukan karna di-endorse, tapi saya pernah liat survey brand laptop terbaik tahun lalu itu Lenovo, loh :D.

      Hapus
  7. Kalau jujur, mending milih ultrabook sih. Buat aktivitas mobile support banget. Apalagi saya juga bukan maniak game, jadi misal si ultrabook udah support buat kerja, nggak perlu lah upgrade buat beli laptop gaming.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget. Sesuai kebutuhan aja pada intinya, jangan sesuai gengsi wkwkwkwkwk :D.

      Hapus
  8. sayah mah kalau disuruh milih, sebelumnya tak tanya dulu sama yang mau ngasihnya,,,,ikhlas atau ada udang dibalik batu nggak segala mau ngasih dan nyuruh milih laptop....janga-jangan disuruh milih laptop, ujung-ujungnya di suruh nyobloh Prabowo - Sandi....idih...nggak banget deh ih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayooooo dilarang nyinggung-nyinggung Pemilu di siniiii...

      Hapus
  9. ciee kakak satu ini mau beli laptop ajak ajak saya kalau bisa skalian beliin lah ckckkc.. saya sii seneng yang ultrabook aja.. tapi balik lagi tergantung selera ya kak micell

    BalasHapus
  10. wah mantap juga nich spesifikasinya mas, boleh juga jadi rekomendasi nich untuk ganti laptop

    BalasHapus
  11. Desain laptopnya keren banget, elegan!

    BalasHapus
  12. Lihat compare kedua laptopnya sih memang ketje speknya, tapiii lihat harganya ... , nabung dulu aja yooook Mike

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mareeee ... ;)

      Eh# siapa tau ya kita-kita semua yang berkomentar disini dikirimi produsen ... laptop baruuuuuu ....
      Kan asik berat tuh ;)

      Hapus
    2. Waduh saya juga berharapnya seperti itu... wkwkwkwkwkwk

      Hapus
  13. Laptop idaman sejak dulu, jadi pengen banget :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang mana...? Semua? Saya juga kalo gitu. Wkwkwkakakwk

      Hapus
    2. Wahahaha kalo bisa langsung beliin mas :D

      Hapus
    3. Waduh, ga usah sungkan-sungkan mas, saya juga mau dibeliin kok WOWOWKWOWKWOWK

      Hapus
  14. Ultrabook lah kak , kalo untuk game aku pake PC ajah , ntah kenapa game pake PC lebih enak , kalo mau di bawa bawa baru pake ULtra tipis

    BalasHapus

*Dengan ngasih komentar, artinya kamu setuju sama peraturan (TOS) blog ini loh ya :D.