News Ticker

image slider by WOWSlider.com v9.0

Gregetnya Penilaian Akhir Tahun Kali Ini


HEYOW! Selamat datang kembali di malam puncak kejonesanmu, mblo! Udah lama gak nyapa kayak gini yak. Wkwkwkwk.

Kali ini, gue mau sharing pengalaman gue yang lagi dan hampir nyelesaiin PAT atau yang dikenal dengan Penilaian Akhir Tahun yang dulu namanya UKK atau Ujian Kenaikan Kelas. Entah ada apa dibalik penggantian nama itu, tapi yang pasti gregetnya tetep aja sebelas dua belas.

Ada satu sebab kenapa gue anggap PAT kali ini greget karena gue ga ada persiapan sama sekali. Gue belum pernah nyicil satu pun pelajaran yang diujikan. Banyak penyebab, salah satunya adalah tugas yang tak kunjung surut, bahkan tepat beberapa hari sebelum ujian. Alhasil, sistem kebut semalam yang gue andalkan. Wkwkwkwk (2).

PAT di sekolah gue dimulai hari Senin (14/05/2018) lalu. Tepat sehari sebelum hari itu pula ada teror bom di 3 gereja di Surabaya. Keadaan agak ngeri sih saat itu. Berita HOAX nyebar dengan cepat sampe gue gregetan sendiri dan gak mau baca isi WA gue selama beberapa hari. PG-SMP diperintahkan untuk libur, sementara SMA gak. Wah men, SMA gak diliburkan, berarti PAT tetep jalan. Ya wes lah, jalani aja. Pada saat itu, gue PAT Matematika Peminatan & Kewirausahaan. Materinya lumayan lah. Lumayan menyiksa otak :v.

Setelah hari pertama selesai, gue dikabari kalau keesokan harinya, hari Selasa (15/05/2018) sekolah diliburkan. Hari itu jadwalnya PAT Agama & Bahasa Inggris. Dikatakan kalau kedua pelajaran itu bakal dipindah jadwal ke hari terakhir, Senin, 28 Mei 2018 esok. Nah, saat itu juga ada jadwal buat PAT Kimia dan kalian tau kan Kimia itu gimana. Bahannya itu kalau diibaratkan peta dunia, itu udah dari Asia balik Asia lagi 7 kali. Saat itu tertegun ngeliat jadwal hari terakhir itu kalau ada 3 pelajaran sekaligus yang diujikan. Satu kata yang terpikir saat itu, "pasrah."

Singkat cerita, gue mau ujian Fisika & Penjaskes. Jujur, 2 ulangan itu beratnya luar biasa bagi gue. Fisika yang katanya bisa dimainkan pake logika namun pada faktanya malah logika gue yang dimainin sama si Fisika dan Penjaskes yang hafalannya luar biasa banyak. Rumus-rumus Fisika yang harus gue hafalkan juga segaban. Dari rumusnya nyari usaha sampe nyari energi di bandul, harus hafal di luar kepala. Sampe-sampe gue berpikir, ini ngapain ngitung energi di bandul, kengangguren napa? :v. Penjaskes juga, meskipun ga ada satupun rumus yang ditemukan di sana, tapi hafalannya banyak. Logika gue pun gak bisa ngebantu pelajaran Penjaskes, secara di pelajaran Penjaskes nilai gue paling rendah di antara temen-temen cowok gue. Entah kenapa gitu. Mungkin karena passion gue bukan di sana. Males aja gitu. Emang gue cocok duduk di bangku dan mainin laptop, euy.

Eits, tunggu dulu. Bukan berarti karena gue adalah cowok yang dapet nilai paling jelek di Penjaskes gue adalah cowok yang melambai ya cyin *eh :v.

Balik ke topik.

Hari di mana kedua ujian itu datang, Fisika dan Penjaskes. Jam pertama diisi oleh ujian Fisika dengan 24 soal pilihan ganda yang dibagi menjadi 6 KD atau Kompetensi Dasar. Oh ya, baidewei, untuk PAT, sistem penilaiannya beda kayak di UKK, di mana di PAT nilai yang disajikan lebih terperinci alias per KD--tapi ya tetep, hasil akhirnya juga bakal di rata-rata. Untuk lebih lengkapnya, Google aja gih.

Balik ke topik.

Lagi.

Gue kerjakan ujian Fisika tersebut sebisa kemampuan otak gue mencerna soal tiap soal. Waktu yang diberikan 90 menit, sementara gue harus jawab 24 soal lengkap dengan prosedur penjawaban yang benar, di mana harus ada "diketahui", "ditanya", dan "jawab" yang berisi cara pengerjaan. Yo gak mari bro! Wong waktu PH (Penilaian Harian) aja waktu 100 menit aja cuma bisa ngerjain 5 soal uraian. Alhasil gue cuma bisa menyelesaikan separuh lebih dari jumlah soal yang diberikan. Ya, paling gak lebih dari 13 soal. Tapi... belum tentu jawabannya benar. Duh Gusti, ampunilah hambaMu yang bodoh ini Ya Gusti...

Habis gitu jam kedua diisi oleh ujian Penjaskes. Satu kata, "berserah." Tapi untung sih, waktu hasilnya dah keluar, nilai gue lumayan memuaskan, meskipun gak maksimal. Ngehehehehe.

Setelah itu, gue lupa tepatnya kapan, gue dapet informasi lagi kalau ada jadwal PAT baru untuk sisa pelajaran yang diujikan. Kimia dipindah  hari Jumat kemarin (25/05/2018) dengan Sosiologi, sementara Agama & Bahasa Inggris tetep di hari Senin (28/05/2018). Gue yang awalnya bersyukur, malah jadi mengeluh kembali setelah melihat daftar bahan ujian Kimia & Sosiologi yang se-abrek. Pusing dah.

Akhirnya gue belajar Kimia & Sosiologi sebisa gue, sampe gue pusing sendiri, terutama saat belajar Kimia, di mana ada beberapa materi yang belum gue kuasai, sehingga mau gak mau gue harus belajar sendiri, entah itu lewat apapun yang ada. Saat itu gue pake YouTube sih, nyari penjelasan dari materi yang belum gue kuasai. Hasilnya? Lumayan, ketimbang gak bisa sama sekali. YE KHAN?

Akhirnya pada hari H ujian Kimia & Sosiologi, gue hanya bisa harap-harap cemas akan soal-soal yang diberikan. Gue mulai ngerjain Sosiologi yang (jujur) ada 1 bahan yang lupa gue pelajari sehingga gue hanya ngerjain soal-soal yang terkait bahan tersebut dengan logika sempit gue. Setelah itu ujian Kimia. Gue harus bergelut dengan tabel periodik, senyawa Etena, SiO2 & lain sebagainya. Paling gak, ujian Kimia kali ini lebih baik ketimbang ujian Fisika karena gue berhasil menyelesaikan semua soal dalam waktu 90 menit lebih dikit. Tapi sekali lagi, banyak jawaban yang gue gak yakin bakal bener. Berharap aja bisa dapet nilai di atas KKM :D.

Besok Senin (28/05/2018) adalah hari terakhir gue PAT. Pelajaran yang diujikan adalah Agama & Bahasa Inggris. Doain gue ya supaya bisa ngerjain 2 ujian itu dengan baik. Hehehehe.

Udah segini dulu postingan kali ini. Sampai jumpa di lain kesempatan. Salam jones akut! :v

Komen dong h3h3h3h3

0 Komentar