News Ticker

image slider by WOWSlider.com v9.0

Tentang Aku, Kamu, dan Plagiarism


Halo, selamat datang kembali di malam puncak kejonesanmu, mblo! Postingan kali ini gue mau tujukan kepada para content creator dan para penjiplaknya.

Berkecimpung di dunia kreatif memanglah sangat seru. Ye khan? Gue sudah merasakannya. Kalo gamer ngomongnya 'nyandu'. Emang ga gampang, tantangan di awal adalah masalah kreativitas, dan tantangan setelah itu adalah masalah konsistensi. Bukan cuma konsisten di bagian jadwal update segala macem, tapi konsisten di bagian kualitas. Jangan cuma bagus di awal, harus juga bagus di akhir. Jangan sampai awal-awal kontennya baik-baik, eh malah makin kesini kontennya makin rusak.

Selain masalah-masalah tersebut, kita para content creator juga dihadapkan pada masalah plagiarism dalam bentuk apapun itu. Untuk masalah ini, kita dituntut untuk lebih bijak dalam mengambil langkah selanjutnya. Apakah hal ini harus diseriusi atau dibiarkan saja.

Memang tindakan plagiarism di Indonesia sangat dikecam, di mana Indonesia adalah negara yang sangat menghargai hak cipta. Namun, tak bisa dipungkiri kegiatan haram ini sudah terjadi di mana-mana di Indonesia. Plagiarism dalam bentuk penjiplakan dan penyalinan adalah yang terbanyak terjadi di Indonesia.

Kami para content creator, baik blogger, YouTuber, artis, selebriti, dan lain sebagainya yang berhubungan langsung dengan dunia kreatif sangat perlu dihargai. Dihargai dengan cara apa? Cukup ga usah nyalin dan nge-publish ulang artikel kami tanpa tulisan sumber yang jelas. Cukup ga usah beli CD bajakan kami. Cukup ga usah download gratis mp3 lagu kami dari situs ga jelas. Cukup ga usah mem-plagiat-i video YouTube kami. Bukannya kami ini gila hormat, tapi kami membuat konten ini dengan usaha, dengan hasil pemikiran kami sendiri, dengan hasil kerja keras kami sendiri.

Gue gak bakal keberatan kalau tulisan-tulisan atau video-video gue disalin atau ditiru, tapi bok ya dikasih link blog atau YouTube gue. Bukannya gimana, tapi cobalah untuk menghargai orang lain. Kalian boleh copas posting dari suatu blog atau republish video YouTube orang lain, tapi kasih alamat darimana kalian ambil kontennya. Cukup dengan itu kami dihargai.

Tapi, tetep aja balik lagi ke kebijakan dari yang punya konten ya. Ada yang boleh, ada yang memang ga boleh. Semua harus dipatuhi, atau masalah yang sangat besar akan menimpa kalian.

Bukannya menakut-nakuti, Negara RI ini sudah melindungi kami para content creator dengan UU No. 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Jadi, untuk lebih amannya, cobalah buat konten kalian sendiri.

Tapi gue ga punya kreativitas dan ide-ide keren kayak kalian. Dan gue juga ga bisa buat konten sekeren kalian. Gimana dong?

Gue yakin semua bibit kreativitas itu sudah ada dalam diri kita semua. Yang jadi masalah adalah gimana cara kita mengembangkannya. Kami semua memulai dari nol, ga ada yang memulai dari 1000 atau 2000. Kalau kami semua bisa, berarti kalian juga bisa!

Kita semua sama-sama belajar. Ga ada siapa yang lebih keren dan siapa yang lebih buruk. Semuanya sama. Yang membedakan hanyalah semangatnya. Makanya, semangat dong! :D


Intinya, cobalah hargai karya orang lain. Kalian pasti mau dihargai kan? Maka hargai terlebih dahulu orang lain. Jangan suka copas-copas lagi yak, sekarang Mike ampuni :v. Tapi kalau diulang lagi... lihat saja nanti...


#PenutupYangSuperSekali

Komen dong h3h3h3h3

2 Komentar

*Dengan ngasih komentar, artinya kamu setuju sama peraturan (TOS) blog ini loh ya :D.